Komunikasi selalu
dijumpai dalam organisasi karena per definisi organisasi terdiri dari banyak
orang. Demikian pula karena organisasi sendiri dari banyak orang, pembentukkan
kelompok tidak bisa dihindari.
1. Arti
Pentingnya Komunikasi
Komunikasi yang efektif penting bagi
manajer dalam dua hal:
a. Komunikasi
merupakan proses yang diperlukan dalam pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
b. Komunikasi
merupakan kegiatan yang menghabiskan sebagian besar waktu manajer.
Rencana
yang dibuat perlu dikomunikasikan, pengorganisasian memerluakan komunikasi
dengan anggota-anggota organisasi, pengarahan tidak bisa dilakukan tanpa
komunikasi, dan pengawasan harus dilakukan dengan komunikasi, dan hasilnya juga
kadang-kadang perlu dikomunikasikan. Hal-hal ini yang menyebabkan komunikasi
sering disebut sebagai dasar fungsi-fungsi manajemen.
2. Komunikasi
antar individu
Komunikasi bisa
didefinisikan sebagai suatu proses dimana orang-orang mencoba berbagai
pengertian lewat transmisi pesan-pesan yang dinyatakan dalam simbol. Definisi
itu menunjukkan bahwa komunikasi menyangkut:
(1) Orang-orang
(2) Berbagai
pengertian (yang menunjukkan bahwa dalam berkomunikasi itu orang-orang harus
sepakat mengenai arti istilah-istilah yang dipergunakan)
(3) Bersifat
simbolis (misalnya suara, huruf, angka, isyarat, dab sebagainya).
Dalam organisasi sering
timbul masalah apakah suatu komunikasi sebaliknya satu arah ataukah dua arah.
Untuk itu beberapa hal bisa dipertimbangkan:
a. Komunikasi
satu arah jauh menghemat waktu dibandingkan dua arah.
b. Komunikasi
dua arah lebih akurat atau cermat daripada satu arah.
c. Penerima
pesan lebih yakin dengan pesan yang disampaikan apabila dipergunakan komunikasi
dua arah.
d. Pengirim
pesan lebih mudah merasa “diserang” apabila dipergunakan komunikasi dua arah.
e. Komunikasi
satu arah akan lebih teratur daripada dua arah.
3. Hambatan
Komunikasi yang Efektif
Beberapa hambatan untuk komunikasi yang
efektif yang sering dijumpai adalah:
a) Perbedaan
Persepsi
Salah satu hambatan utama dalam
komunikasi adalah perbedaan individu. Perbedaan dalam pendidikan, pengalaman,
dan nilai-nilai yang dianut, menyebabkan seseorang bisa menafsirkan suatu yang
sama secara berbeda.
b) Perbedaan
Bahasa
Istilah “akan dikerjakan dalam waktu singkat”
mungkin berbeda antara satu dapartemen dengan dapartemen yang lain. Dapartemen
yang satu mungkin menafsirkan dalam beberapa hari, dapartemen lainnya mungkin
beberapa bulan.
c) Noise
Istilah ini agak sulit diterjemahkan
karena bisa berarti gangguan dalam komunikasi. Misalnya, kebiasaan menyebutkan
“penting” dalam setiap pekerjaan, akan menyebabkan hal-hal yang benar-benar
penting nalah diabaikan. Ini merupakan
salah satu contoh noise.
d) Reaksi
Emosi
Emosi bisa menimbulkan salah tangkap apa
yang sebenarnya dimaksudkan
4. Kelompok
dalam Organisasi
Kelompok (atau group)
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam organisasi. Menjadi tugas manajer
untuk memanfaatkan kelompok itu sebaik-baiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar