Jumat, 01 November 2013

Pengambilan Keputusan Tentang Strategi Management


Setelah tujuan perusahaan digariskan, kekuatan dab kelemahan perusahaan dihayati, maka sampailah management pada fase mengambil keputusan untuk menentukan strategi, kebijaksanaan dan taktik yang perlu ditempuh perusahaan.
            Adapun strategi management meliputi hal-hal yang berhubungan dengan penentuan:
1.      Barang-barang dan jasa-jasa apa saja yang akan dijual/ditawarkan perusahaan dan kepada siapa?
2.      Dengan cara apa saja barang-barang dan jasa-jasa tersebut diproduksikan?
3.      Bagaimana perusahaan berusaha memanfaatkan sumber-sumber daya yang tersedia sehingga diperoleh keuntungan berganda (synergy-isme)?
4.      Langkah-langkah apa saja yang perlu ditempuh perusahaan terutama dalam hal waktu dan urutannya?
5.      Tujuan  apa saja yang hendak dicapai dan ukuran keberhasilan mana yang dipakai?
Barang-barang dan Jasa-jasa yang ditawarkan
       Apa yang perlu dilakukan dalam hal ini ialah membatasi barang-barang dan jasa-jasa apa saja yang ditawarkan dan siapa dan siapa konsumennya. Apabila hal ini tidak dilakukan maka akan timbul akibat-akibat yang tidak diinginkan oleh karena usaha menjadi begitu kompleks sehingga sukar untuk dicarikan pemecahannya. Apabila ruang lingkup usaha itu dibatasi, maka akan relatip mudahlah kita  memecahkan soal-soal yang mungkin timbul.
Bagaimana Cara Memproduksikan Barang-barang dan Jasa-jasa
       Penentuan barang-barang dan jasa-jasa yang ditawarkan pada hakekatnya hanyalah merupakan pengarahan tetapi tidak menentukan bagaimana cara kita sampai padanya. Untuk itu maka perlu dipikirkan lebih lanjut tentang hal-hal yang berhubungan dengan:
1.      Penggunaan bahan mentah
2.      Penentuan tempat berusaha
3.      Pemilihan teknologi
4.      Penentuan tenaga kerja yang akan dipergunakan
5.      Pentingnya dan perlunya penelitian dan pengembangan produk.
Synergy-ism
       Dari berbagai pengalaman dapatlah ditarik kesimpulan, bahwa perusahaan akan memperoleh hasil synergy ini dari:
1)      Kemampuan Produksi:
a)      Sekarang dengan pemanfaatan penuh
b)      Pemanfaatan baru
c)      Teknologi baru, yang tentunya saja semuanya berkat adanya
2)      Konsumen
a)      Sekarang, yang selalu meminta produk
b)      Didaerah baru
c)      Yang menghendaki produk-produk baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar