Kamis, 10 Oktober 2013

Organisasi dan Manajemen


Organisasi dapat diartikan sebagai suatu pengaturan orang-orang secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Rumah sakit dimana pasien dirawat, penguruan tinggi tempat mahsiswa menuntut ilmu, bank tempat nasabah menabung, dan negara atau daerah tempat masyarakat tinggal merupakan bentuk- bentuk dari organisasi yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari definisi dan contoh organisasi diatas, dapatlah diambil suatu kesimpulan bahwa organisasi umumnya memiliki tiga karakteristik utama, yaitu:
Karakteristik pertama adalah bahwa masing-masing organisasi memiliki tujuan-tujuan tertentu. Cerminan dari tujuan suatu organisasi biasanya tergambar pada sasaran-sasaran, baik jangka panjang maupun jangka pendek.
Karakeristik kedua adalah masing-masing organisasi memiliki orang-orang. Seseorang yang berusaha mencapai tujuannya sendiri bukanlah dikatakan sebagai berorganisasi. Organisasi adalah kelompok dua atau lebih orang yang ingin mencapai tujuannya.
Karakteristik ketiga adalah organisasi perlu mengembangkan suatu struktur agar anggota dapat melaksanakan pekerjaannya dengan mudah. Struktur mencerminkan rantai komando dan perintah kepada siapa melapor dan kepada siapa tugas itu diberikan.
Karakteristik keempat adalah memiliki sistem dan prosedur. Karakteristik ini menggambarkan bahwa sebuah organisasi diatur berdasarkan aturan-aturan yang ditetapkan bersama dan harus dijalankan dengan penuh komitmen.
Secara spesifik organisasi dapat memberikan beberapa manfaat begi masyarakat dan bisnis. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1.             Organisasi mengubah kehidupan masyarakat. Manfaat ini bisa kita amati dan bannyaknya organisasi yang membuat kehidupan menjadi lebih baik.
2.             Organisasi sebagai penuntun pancapaian tujuan. Dengan organisasi pencapaian tujuan akan lebih efektif.
3.             Organisasi menawarkan karier. Organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan tujuan.
4.             Organisasi sebagai cagar ilmu pengetahuan. Dengan berorganisasi ilmu pengetahuan akan dapat ditingkatkan.
Pada umumnya manajemen dibagi menjadi beberapa fungsi, yaitu merencanakan, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan kegiatan dalam rangka usaha unruk mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif dan efesien. Hendry Fayol mengusulkan bahwa semua manajer paling tidak melaksanakan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisasi memerintah, mengkoordinasikan dan mengendalikan.
1.             Perencanaan
Perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Melalui perencanaan seorang manajer akan dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara unuk melakukannya.
2.             Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan proses pemberian perintah, pengalokasian sumber daya serta peraturan kegiatan secara terkoordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana.
3.             Pengarahan
Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat bekerja keras dan giat serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan yang efektif dan efesien.
4.             Pengendalian
Bagian terakhir dari proses manajemen adalah pengendalian (Controlling). Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya. Fungsi pengendalian mencakup empat kegiatan, yakni:
1.      Menentukan standar prestasi
2.      Mengukur prestasi yang telah dicapai selama ini
3.      Membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi
4.      Melakukan perbaikan jika terdapat penyimpangan dari standar prestasi-prestasi yang telah ditetapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar