Kamis, 10 Oktober 2013

Tugas Psikologi Manajemen

Tugas 1:
1.    Apa itu Manajeman?
Manajeman  adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan & pengawasan berbagai usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
2.    Sebutkan jenis manajeman?
a.    Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
b.    Manajemen Produksi
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
c.    Manajemen Pemasaran
 Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada    intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.

3.    Apa itu kepemimpinan?
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain. Keberhasilan seorang pemimpin tergantung kepada kemampuannya untuk mempengarhi orang lain, melalui komunikasi baik langsung maupun tidak langsung dengan maksud untuk menggerakkan orang-orang tersebut agar dengan penuh pengertian, kesadaran, dan senang hati bersedia mengikuti kehendak-kehendak pemimpin itu.


Tugas 2:
1.    Apa itu Perencanaan?
Perencanaan adalah penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan fungsi perencanaan manager meliputi usaha pemilihan berbagai alternatif, tujuan strategi, kebijaksanaan, serta taktik lain yang akan dijalankan
2.    Manfaat perencanaan?
Beberapa manfaat dari perencanaan diantaranya memberikan pedoman yang konsisten bagi kegiatan-kegiatan organisasi. Disamping itu perencanaan juga membantu manajer mengantisipasi masalah-masalah sebelum timbul dan menanganinya sebelum menjadi lebih berat.
3.    Jenis perencanaan dalam organisasi?
Ada 5 dasar pengklasifikasian rencana-rencana yaitu:
1)      Bidang fungsional, mencakup rencana produksi, pemasaran, keuangan dan personalia.
2)      Tingkatan organisasional, termasuk keseluruhan organisasi atau satuan-satuan kerja organisasi.
3)  Karakteristik-karakteristik (rencana), meliputi faktor-faktor kompleksitas, flaksibilitas, keformalan, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitatif, dan kualitatif.
4)      Waktu, menyangkut rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
5)      Unsur-unsur rencana, dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan dan sebagainya.


  Husnan, Suad. 1989. Manajemen Pokok-pokok Pengertian dan Soal Jawab.Yogyakarta: BPFE
  Reksohadiprodjo, Sukanto. 1984. Dasar-dasar Management. Yogyakarta: BPFE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar